Peluang Usaha    Hobby    Budaya    Kerajinan    Wisata    Oto    Tekno    Olah Raga    Kuliner    Seleb    Pendidikan    Kesehatan    Seks    Modis    Amatir   
Home » , » Rahasia Sinyal Hotspot untuk RTRWNET

Rahasia Sinyal Hotspot untuk RTRWNET

Posted by KANG LINTAS on Minggu, 01 April 2012


Gimana sebenarnya sinyal WIFI yang biasanya digunakan sebagai sinyal perantara pada System Jaringan Nirkabel yang saat ini marak digunakan?

Sinyal WIFI adalah sinyal yang dipancarkan dengan panjang gelombang rambat sebesar 2,4 Ghz. Untuk Wireless G  108 Mhz biasanya menggunakan frekuensi 2,3 Ghz. Lalu bagaimana sebenarnya sinyal ini secara umum dan apa pengaruhnya terhadap pancaran serta penerimaan pada tiap perangkat penerimanya ?

Banyak hal yang mempengaruhi daya pancar suatu Sinyal Central Hotspot, antara lain :

1. Power Output akses point itu sendiri
2. dBi Receive sangat perlu diperhatihan dan diamati secara seksama pada Manual Booknya,karena ada akses point yang mempunyai daya pancar besar tetapi sensitifitas yang sangat lemah (diatas -60 s/d -70 dBi saja)
3. Faktor ketinggian juga perlu diperhatikan.Bukan berarti semakin tinggi suatu antena maka semakin luas jangkauannya. Memang betul, terkadang sinyal wifi suatu akses point dapat kita baca dikejauhan, namun memiliki kekuatan sinyal yang amat lemah. Terkadang nama sih..ada, tapi BAR SINYAL = KOSONG. Sementara untuk koneksi yang baik pada suatu perangkat LAPTOP minimal penerimaan sinyal sebanyak 2 BAR. Itupun tergantung daripada jenis chipset laptop yang anda gunakan. (Intel Pro, Realtek atau Atheros)
4. Hitung Frenel Zone pada wilayah akses point anda. Faktor ketinggian antena bisa menyebabkan klien yang terdekat dengan antena akses point justru malah tidak bisa koneksi.
5. Penggunaan akses point dengan power besar sebaiknya digunakan untuk system Point To Point...bukan Point To Multi Point. Karena sebesar apapun akses point anda, laptop juga mempunyai daya penerimaan yang terbatas.

SARAN : Sebaiknya untuk memperluas jangkauan sinyal adalah dengan memperbanyak REPEATER ditiap-tiap wilayah yang dianggap berpotensi...!! BUKAN MEMPERKUAT SINYAL ATAU MENINGGIKAN ANTENA.

CONTOH NYATA : TELKOMSEL sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dalam tiap wilayah atau kota memuliki puluhan antena BTS yang berfungsi sebagai repeater. Mereka bukan membeli BOSTER yang berkekuatan TINGGI untuk mengkafer sinyal keseluruh pelanggan yang ada dikota tersebut namun mereka membangun banyak BTS untuk memperkuat sinyal GSM yang diproduksi.

FAKTOR PENGHAMBAT SINYAL.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan antara laptop yang satu dengan yang lainnya tidak sama daya penerimaan sinyalnya, antara :

1. Faktor kualitas CHIPSET yang digunakan pada Internet WIFI yang berfungsi sebagai penerima sinyal dalam suatu laptop.
2. Faktor posisi laptop pada saat menerima sinyal alias faktor lingkungan saat menerima sinyal. Apakah dalam kamar yang berada dalam bangunan beton? dibawah seng tertutup atau ruangan tertutup dan sebagainya.
3. Faktor penghalang sinyal utama wifi adalah BATU dan SENG. Saat menemui BATU, sinyal akan terserap 70 persen, sisanya terpancar menyebar tanpa arah. Saat terkena BAJA, SENG ALUMINIUM sinyal akan terpantul 95%
4. Sebesar apapun Power akses point yang anda gunakan, untuk system Point To Multipoint sinyal akan terpancar paling jauh 1 KM saja tanpa halangan.....INGAT !! TANPA HALANGAN (Tes di Lapangan Bola deh...hehehe)  Untuk ukuran kota besar paling berjarak sekitar 200 - 300 meter, dimana user menerima sinyal pada posisi 2 BAR. Dibawah 2 BAR akan mempengaruhi kecepatan Browsing dan Download pada user akses point.

BEBERAPA KARAKTER JENIS AKSES POINT.

Akses Point sebagai media pancar wifipun mempunyai karakter tersendiri dan fungsi, antara lain :

1. AKSES POINT WIRELESS
2. AKSES POINT ROUTER
3. AKSES POINT BRIDGE
4. AKSES POINT REPEATER
5. AKSES POINT CLIENT
5. AKSES POINT MULTI SYSTEM
Untuk mempelajari lebih lanjut masing-masing karakter Akses Point, silahkan bisa bertanya pada Om Google...hahaha.Soalnya kalau mau ditulis semua tangan bisa gempor....( Ilmu itu mahal Bro ! )

Semoga bermanfaat dan bisa sedikit menambah wawasan.....

Regard,-
Admin IFANET

Read more: http://bisnis-rtrw-net.blogspot.com/2011/10/rahasia-sinyal-hotspot-untuk-rtrwnet.html#ixzz1qiotWSwi

SHARE :
Kang Lintas
 
 
Copyright © 2014 KANG LINTAS. All Rights Reserved. Powered by Lintas Daerah
Template by Creating Website and Kang Lintas