Pepatah lama bilang, pembeli adalah raja. Anda harus melayani sebaik
mungkin, mulai dari kualitas dari produk Anda maupun pelayanan. Anda
mungkin akan sering bertemu dengan banyak pelanggan. Mulai dari
pelanggan yang ramah sampai pelanggan yang sering buat Anda marah.
Tetapi semua itu kembali dari Anda, apakah Anda mampu melayani pelanggan
dengan baik. Bagaimana cara memuaskan pelanggan Anda?
Kenali pelanggan Anda
Jika Anda masih belum mempunyai pegawai, Anda mungkin akan merasakan
sendiri bagaimana tipe pelanggan Anda atau apa sebenarnya yang mereka
ingingkan. Dengan mengetahui cirri-ciri pelanggan, Anda akan dapat
dengan mudah mengetahui atau bahkan menyusun strategi agar pelanggan
tersebut merasa puas dengan pelayan serta produk Anda. Mendengarkan
pujian atau kritikan dari pelanggan juga termasuk strategi bagaimana
bisnis bisa berkembang.
Terapkan strategi yang fokus pada pelanggan
Jika Anda sudah mempunyai konsumen tetap, Anda tinggal menerapkan
strategi bagaimana memuaskan pelanggan. Pelanggan mungkin akan puas
dengan produk Anda, tetapi mereka akan lebih puas jika Anda juga
melayani dengan lebih baik. Strategi yang bisa Anda terapkan adalah Anda
bisa melakukan promosi kedalam target spesifik pelanggan. Misalnya Anda
mempunyai konsumen yang sering membeli produk Anda jika ada promosi,
tetapi pelanggan tersebut membeli dengan jumlah besar. Anda bisa memakai
strategi promosi setiap bulannya atau menggunakan voucher.
Berikan sesuatu yang lebih kepada pelanggan
Inilah sebenarnya yang dicari oleh pelanggan. Jika Anda mempunyai
bisnis, pasti Anda akan memiliki pelanggan tetap. Dan jangan ragu-ragu
untuk memberikan sesuatu yang lebih kepada pelanggan tersebut. Contohnya
jika pelanggan membeli dalam jumlah yang banyak, Anda bisa memberikan
pelanggan tersebut diskon atau memberikan produk tambahan.
Bersikaplah professional
Tidak hanya kepada pegawai Anda, sikap Anda kepada pelanggan juga
harus profesional. Jika para pelanggan Anda meminta sesuatu atau membeli
sesuatu, Anda harus benar-benar memenuhi permintaan mereka. Apalagi
jika permintaan mereka khusus atau spesial. Kalaupun perusahaan Anda
tidak bisa menerima atau memberikan order, Anda tidak perlu berbohong
atau berpura-pura mengulur waktu. Anda harus jujur kepada pelanggan
Anda. Jika Anda bersikap profesional, pelanggan akan perlahan-lahan
mempercayai perusahaan Anda.
Maintain pegawai Anda
Seperti yang dikatakan diatas, Anda harus bersikap profesional dengan
pegawai. Jika Anda sudah memiliki pegawai, Anda juga harus bisa membuat
pegawai tersebut nyaman dalam bekerja. Entah itu Anda membuat suasana
bekerja yang baik atau sosialisasi antar pegawai dengan atasan juga
baik. Tinggal Anda membuat bagaimana pegawai Anda senyaman mungkin.
Mengapa demikian? Karena jika ada pegawai yang merasa kurang nyaman,
maka akan berdampak dalam melayani para pelanggan. Pelayanan pelanggan
yang buruk akan membuat citra perusahaan Anda akan jelek.
Sumber : http://studentpreneur.co/cara-cepat-membuat-pelanggan-anda-datang-kembali/