Peluang Usaha    Hobby    Budaya    Kerajinan    Wisata    Oto    Tekno    Olah Raga    Kuliner    Seleb    Pendidikan    Kesehatan    Seks    Modis    Amatir   
Home » , , , » Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta

Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta

Posted by KANG LINTAS on Sabtu, 22 November 2014

Candi Ijo terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini terletak di dekat Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan. Candi Ijo mendapatkan namanya dari bukit tempat candi ini didirikan yang bernama Bukit Gumuk Ijo. Candi ini merupakan candi tertinggi di Yogyakarta karena terletak sekitar 380 meter di atas permukaan laut.
Candi Ijo merupakan candi Hindu, dan dibangun antara abad 10-11 Masehi di Zaman Kerajaan Medang. Luas candi sekitar 0,8 hektar dengan 1 candi induk dan 3 candi pengapit. Kompleks candi utama ini berada di sisi timur dan berada pada teras tertinggi. Di bawah kompleks candi utama atau di sebelah barat terdapat 1 candi perwara atau candi pemujaan yang telah selesai dipugar, 1 candi perwara yang dalam proses pemugaran, dan beberapa reruntuhan candi.

Karena posisinya yang berada diatas bukit dan menghadap ke barat, Candi Ijo juga menjadi tempat tujuan untuk menyaksikan matahari terbenam. Banyak pengunjung yang sengaja datang sore hari untuk berjalan-jalan di areal candi dan kemudian menyaksikan matahari terbenam dari pelataran candi. Pengunjung tidak dipungut biaya untuk masuk ke dalam kompleks candi, cukup dengan melapor ke pos penjagaan dan mengisi buku tamu.














Sumber : https://id.berita.yahoo.com/foto/candi-ijo-candi-tertinggi-di-yogyakarta-slideshow/candi-ijo-yogyakarta-photo-1399437711679.html

SHARE :
Kang Lintas
 
 
Copyright © 2014 KANG LINTAS. All Rights Reserved. Powered by Lintas Daerah
Template by Creating Website and Kang Lintas