Suatu perusahaan memiliki bagian-bagian struktur terpenting seperti :
- Komisaris
- Presiden Direktur
- Managing Direktur
- Direktur
- General Manager
- Manager
- Supervisor
- Kepala seksi / bagian
- Anggota
Sebuah
diagram organisasi pada suatu perusahaan dapat dianalisa melalui sifat
maupun suatu bentuk keputusan dari level tertinggi unit perusahaan
tersebut ke level dibawah berikutnya . Suatu sistem informasi yang
dimulai dari suatu organisasi baru membuat suatu rancangan sistem
informasi dianalisa secara menyeluruh termasuk analisa terhadap stuktur
organisasi yang ada pada perusahaan tempat sistem informasi hendak
dibangun.
Sebuah perusahaan pasti mempunyai pemilik yang disebut sebagai Komisaris (owner). Di
dalam suatu perseroan, diwajibkan mempunyai sekurang kurangnya satu
orang komisaris independen, berasal dari luar perusahaan serta tidak
mempunyai hubungan bisnis dengan perusahaan atau afiliasinya. pada
prisipnya, komisaris bertanggung jawab dan berwenang untuk mengawasi
kebijakkan dan tindakan direksi, dan memberikan nasehat kepada direksi
jika diperlukan. Untuk membantu komisaris dalam menjalankan tugasnya,
berdasarkan prosedur yang ditetapkan sendiri, maka seorang komisaris
dapat meminta nasehat dari pihak ketiga dan/ atau membentuk komite
khusus. Setiap anggota komisaris harus berwatak amanah dan mempunyai
pengalaman dan kecakapan yang diperlukan untuk menjalankan tugasnya.
Dari diagram diatas suatu komisaris memiliki kedudukan pertama yang
mempunyai bagian dibawahnya seperti Presiden Direktur, Managing Direktur. Dalam bagian perusahaan, terbagi lagi sebuah General Manager dan Manager. Pada level berikutnya terdiri Supervisor dan anggota.
Presiden Direktur
bertugas mengepalai semua prosedur yang berjalan dalam suatu
perusahaan. Dalam halnya seorang Presiden Direktur dibantu oleh seorang Managing Direktur yang
bekerja untuk memanage berjalannya suatu pelaksana yang akan dirinci
seperti misalnya sebuah kerja sama yang akan dilakukan kedalam
perusahaan lain. Dalam suatu bagian-bagian terpenting yang terstruktur
pada bagian diagram-digram memiliki sebuah sekertaris yang akan membantu
dan mempresentasikan suatu proyek yang akan dikerjakan. Direktur memiliki peranan memimpin dan mengkoordinasikan semua kegiatan. Dan posisi General Manager
orangnya harus bisa mengatur suatu pekerjaan dan harus bisa juga
mengevaluasi pekerjaan yang sudah selesai. Orang yg menduduki posisi tsb
adalah orang yg mempunyai wawasan yg cukup luas baik itu dlm
pekerjaannya sendiri maupun diluar perkerjaannya antara lain utk
mendptkan suatu job pekerjaan yg akan datang tentunya. Tugas Manager
adalah sebagai pemegang tampuk kepemimpinan dalam suatu perusahaan
yang mampu menumbuhkan, memelihara dan mengembangkan usaha dan iklim
yang kondusif di dalam kehidupan organisasional, meningkatkan
proditivitas kerja karyawan/pegawai dengan memberikan contoh ataupun
sebuah arahan yang baik serta mempunyai gaya yang produktif. Seorang Supervisor
dalam sebuah perusahaan berfungsi sebagai mengawasi atau mengamati
suatu kegiatan yang dijalankan dalam sebuah perusahaan. Seorang
Supervisor tidak berkenan untuk mengatur yang ada dalam perusahaan.
Perusahaan juga memiliki kepala bagian/seksi yang mempunyai beberapa anggota yang mengikutsertakan pada berjalannya suatu kegiatan yang ada.
Sebuah
perusahaan akan memiliki kualitas yang baik jika semua dikerjakan dan
dilakukan oleh kerja sama yang baik juga . Tidak memonopoli atau
melakukan sebuah kecurangan dalam sebuah proyek yang akan dikerjakan .
Dengan ini perusahaan lain akan melihat sebuah eksperimen untuk
melakukan kerja sama yang mungkin akan bisa menguntungkan satu sama lain
. Semua ini dilakukan demi memajukan sebuah perusahaan yang dimilik
sebagai implementasi setiap perusahaan yang akan bermodal tinggi dan
mungkin bsa melakukan kerja sama dengan perusahaan asing yang akan
menghasilkan nilai keuntungan yang sangat tinggi . Sebuah perusahaan
tidak perlu memiliki perusahaan yang besar hanya dengan bermodalkan
kerja sama yang baik perusahaan mungkin dapat berkembaang . Apalagi
misalnya kecurangan yang pernah kita lihat dalam perusahaan hanya untuk
mengambil keuntungan semata untuk pribadi . Kenyamanan saling
menghargai suatu bagian satu sama lain juga diperlukan dalam sebuah
perusahaan . Bagian paling tinggi juga tidak berhak mehakimi suatu
karyawan hanya dalam masalah yang sepele atau melihat bagian yang
terkecil. Perusahaan akan lebih merasa nyaman bila ada suatu
kekerabatan yang mungkin bisa menjadi suatu nilai positif dalam sebuah
perusahaan.
sumber: http://anggiikiyudh.blogspot.com/2010/02/struktur-organisasi-dari-suatu.html
sumber: http://anggiikiyudh.blogspot.com/2010/02/struktur-organisasi-dari-suatu.html