“Gila.. gak terima gue. Udah nabung 2 tahun buat beli vespa piagio, eh..
sekarang disamain sama ojek. Parah temen lu tuh, Yu ! Hahhaa” ujar
seorang sahabat saya yang ngomel-ngomel ketika saya ceritakan mengenai
“Bandung Taxi Bike”. Becanda sih, tapi kayaknya itu sebagian suara hati
dari anak-anak pecinta vespa. Hahaha.
Zaman sekarang bukan hanya angkutan umum dan taksi yang bisa kita
gunakan sebagai alternative transportasi umum di Kota Bandung. Karena
sekarang telah hadir Bandung Taxi Bike. Semacam ojek tapi lebih
terorganisir, dengan tarif argo yang murah, serta layanan jasa yang
cepat dan terpercaya. Semua pegawainya menggunakan seragam dan Taxi Bike
ini dapat dipesan melalui SMS bahkan BBM.
Selain menyediakan jasa antar-jemput, Taxi Bike juga menyediakan jasa
untuk pengiriman barang, membeli tiket bioskop hingga perpanjang STNK.
Bahkan mereka punya teaser mereka yang cuku unik “Takut pacar dijemput
orang lain? Takut selingkuh ? Minta anter sama Bandung Taxi Bike aja”.
Hohoho. Kalau minta anter jodoh, boleh ? #eeeaaa
Sebuah modal transportasi ala taksi yang menggunakan sepeda motor yang
lahir kembali setelah sempat “tidur” satu tahun, tentunya mempunyai
konsep yang baru. Beberapa service dan keunggulan yang mereka hadirkan
sekarang membuat saya mengambil kesimpulan atas strateginya. Diantaranya
adalah;
Low Cost High Impact
Unik memang mengangkat sebuah bisnis ojeg menjadi
terkonsep seperti ini. Hal inilah yang menjadikan BTB berkembang dan
mejadi bahan perbincangan di jagad maya. Mereka pun memanfaatkan ini
untuk bekerjasama dengan media buzzer sehingga pesan dan promosi yang
ingin mereka sampaikan dapat tertuju dengan baik. Media pun ikut
tertarik dengan menjadikan topic ini sebagai bahan pemberitaan mereka di
media elektronik dan online. Promosi tanpa biaya yang menghasilkan
benefit yang luar biasa besarnya. Sehingga konsep social media sebagai
media yang low cost high impact sangat terasa disini.
Lahir dengan yang Baru
Masalah yang timbul karena intern dalam Bandung Taxi Bike membuat mereka
memilih untuk Rehat sejenak. Ini mereka gunakan untuk berpikir
bagaimana untuk melakukan sebuah inovasi untuk membuatnya lebih menarik.
Sampai akhirnya, mereka siap dengan ide segar yang ada. Diadakanlah
sebuah soft launching untuk memperkenalkan BTB “Baru” dengan konsep yang
ada sekarang. Perbedaan yang mencolok adalah pemakaian transportasi
baru yaitu memakai Vespa Piaggio. Hal ini ditujukan karena mereka
membuat segmentasi baru dalam bisnis mereka dengan kelompok yang lebih
condong ke menengah atas namun tetap pada prinsip low cost.
Selain itu, dengan tarif yang murah dan pelayanan yang memuaskan, BTB
juga menyediakan fasilitas yang baik untuk keamanan dan kenyamanan para
pelanggannya seperti helm, shower cab, jaket dan jas hujan. BTB juga
dilengkapi dengan GPS sebagai penunjuk arah sehingga cepat sampai
tujuan.
Kreativitas menunjang Rezeki
Mengenai competitor dengan jenis usaha yang sama, Doddy pada awalnya
tidak tahu bahwa ada 'pemain lain'. Tapi, setelah tahu pun tidak
masalah. Setiap usaha punya keunggulannya masing-masing. Menurutnya, BTB
juga unggul di beberapa hal. Pertama, pesan melalui Blackberry
Messenger. BBM adalah system komunikasi yang populer. Kecenderungannya,
orang akan mudah mengontak. Kedua, BTB melayani apa pun. Ya antar orang,
ya antar barang, pesan makan, apa pun.
Ada beberapa hal yang ingin mereka mewujudkan dalam waktu dekat ini. Hal
tersebut tentunya ditujukan untuk menambah kemudahan dan kenyaman
konsumen saat akan menggunakan service dari BTB. Kedepannya mereka ingin
mengembangkan platform aplikasi yang berbasisi OS dan Android sehingga
memudahkan konsumen untuk melalukan reservasi untuk penjemputan mereka.
Dari aplikasi ini, database konsumen BTB pun dapat dikumpulkan sehingga
memudahkan pendataan dan berguna juga untuk menjaga customer
relationship. Ini dimaksudkan agar kedepannya, dapat terjadi integrasi
system sehingga lebih efektif dan efisien.
Nah, itu tadi beberapa hal yang mungkin bisa kita terapkan dalam memulai
bisnis kita. Jadi milih mana ? Naik angkot atau naik Bandung Taxi Bike.
Hihi.. Eh, diingat yaa.. JIka niat dan usaha sudah ada, kuatkan mental.
Berpikir positif agar bisnis yang akan kita jalani juga bisa
menghasilkan yang baik.
Sumber : http://creasionbrand.blogspot.com/2013/02/bandung-taxi-bike-ojek-gaul-dan.html